Saat Teduh Remaja 18-31 Juli 2009

18 Juli 2009                                                            Amsal 31:30

INNER BEAUTY

Sebuah perusahaan kosmetik meminta setiap orang untuk mengirim fotonya serta sebuah suratnya untuk menseleksi wanita tercantik di kota tersebut. Banyak sekali surat serta foto yang terkumpul diperusahaan kosmetik tersebut. Diantara sekian banyak surat, ada satu surat yang sangat menarik bagi pimpinan perusahaan. Surat tersebut ditulis oleh seorang anak kecil, isinya adalah : seorang wanita cantik tinggal di dekat rumah saya. Dia membuat saya merasa paling penting  di dunia. Kami bermain bersama dan dia mendengarkan setiap persoalan saya. Setiap kali saya pergi dari rumahnya ia mengatakan betapa bangganya terhadap saya”. Anak itu mengahiri suratnya dengan berkata : “Inilah foto wanita paling cantik di dunia”, saya berharap memiliki istri secantik dia”. Ketika foto di dalam surat itu diperlihatkan ternyata foto seorang wanita ompong yang sudah lansia, tersenyum duduk di kursi roda. Wajahnya penuh kerut dan matanya memancarkan keramahan. Kecantikan yang kamu miliki hendaknya kecantikan hati bukan sekedar kecantikan wajah.

Doa : Aku ingin menjadi orang yang berguna bukan hanya cantik atau ganteng. Amin.

19 Juli 2009                                                            Efesus 5:8

ANAK TERANG

Seekor anak singa tersesat di hutan sampai akhirnya seekor domba  menemukannya. Domba tersebut mengasuuh dan membesarkan anak singa tersebut layaknya seekor domba. Anak singa itu diajari memakan rumput sekalipun giginya besar. Juga diajar mengembek sekalipun paru-paru besar, diajari berjalan sekalipun kakinya terlalu kuat jika hanya untuk berjalan seperti domba. Suatu hari anak singa tersebut melihat sekelompok singa, dan ia mengamatinya. Kelompok singa tersebut mengaung dengan kuat serta berlari kencang kemudian memakan daging hewan lain. Ketika singa itu memberi daging kepadanya, ia pun merasa betapa lezatnya daging hewan tersebut. Akhirnya anak singa yang selama ini diajari layaknya seekor domba akhirnya berlari dengan kencang, mengaum dan memakan daging, dia meninggalkan kebiasaan domba yang telah mengajarinya karena ia telah menemukan jati dirinya. Remaja kristen juga sebaiknya meninggalkan masa lalunya yang tidak bagus karena ia telah menemukan identitasnya sebagai anak terang.

Doa : Tuhan………saya mau menjadi anak terang, saya mau meninggalkan masa lalu saya, amin.

20 Juli 2009                                                            Mazmur 14:1

JANGAN LUPA …..ALLAH ADA

Suatu saat seorang pendeta pergi berlayar ke suatu daerah pelayanannya. Bersama dengan dia ada seorang guru besar disebuah perguruan tinggi mengaku dengan tegas bahwa ia ateis (orang yang tidak mempercayai adanya Tuhan). Tidak lama kemudian terjadilah badai menerpa kapal yang mereka tumpangi. Sepertinya kapalnya akan karam dan mereka semua tenggelam. Semua penumpang ketakutan tetapi yang paling ketakutan adalah orang yang mengaku ateis tersebut. Dalam ketakutannya ia mencari pendeta, ia melihat bahwa pendeta itu tenang dan terkendali. Ateis tersebut berkata kepada pendeta : “pendeta, kita semua akan tenggelam! Bagaimana menurut anda?” pendeta menoleh kepada ateis dan menjawab, “Tidak, kita memang dalam pelayaran yang sama, tapi anda dan saya memiliki tujuan yang berbeda”. Perkataan pendeta ini menyadarkan kita bahwa sepertinya kita semua bersama-sama : sekolah bersama, bermain bersama, dan lain-lain. Tapi ingat bahwa kita punya Allah, dan itulah yang membedakan kita dengan orang lain.

Doa : Jangan beri kesempatan kepada hatiku dalam pikiranku untuk melupakan Engkau ya Allah. Amin.

21 Juli 2009                                                            Mat.11:28

CAPEK DEH…..!

Seorang petani yang pergi ke ladangnya memakai sebuah kereta lembunya. Dia melihat seorang temannya yang memikul beban yang berat dipundaknya sehingga ia memberi tumpangan kepada sang teman. Katanya : “Naiklah kesini teman, saya akan memberimu tumpangan!”

Pejalan kaki itu dengan susah payah naik, duduk dengan santai dan meletakkan beban di pangkuannya. Petani itu bertanya: “mengapa engkau memangku beban itu?” Pejalan kaki menjawab supaya lembumu tidak terlalu berat dengan beban saya. Dia tidak sadar bahwa sekalipun beban dipangkuannya, tapi semuanya dibawa oleh sang lembu.

Seperti sang pejalan kaki, kita juga sering tidak sadar dimana kita tetap memikul beban padahal Yesus sudah meminta kita untuk menyerahkan beban itu. Betapa bodohnya kita ketika  secara tidak sadar, kita melemparkan keyakinan kita serta memikul kecemasan kita. Hal ini menyebabkan betapa tidak bermanfaatnya iman yang kita miliki, lelah….menjadi bagian hidup kita.

Doa : Sadarkan aku ya Tuhan………..agar aku mau memberi bebanku kepadaMu. Amin.

22 Juli 2009                                                            I Tim.6:9

LUPA TUGAS UTAMA

Ketika seorang Amerika berkunjung ke sebuah kota kecil di Inggris, ia kehilangan seekor anjing yang sangat berharga. Kemudian dia meminta agar dibuatkan pengumuman di koran sore lokal dengan menawarkan 100 poundsterling bagi siapa saja yang menemukan anjingnya. Sore tiba, tetapi koran lokal itu tidak terbit. Orang Amerika itu menunggu selama beberapa saat. Lalu, dia pergi ke kantor surat kabar itu. Tidak seorangpun berada disana kecuali penjaga malam.

“Apakah korannya tidak terbit sore ini? tanyanya. Saya meragukannya, tuan,” ujar penjaga malam itu. Seluruh staf sedang pergi mencari anjing yang hilang itu.

Remaja kristen juga pernah terpengaruh dengan keadaan atau godaan lingkungannya tapi ingat agar kita tidak lupa tugas utama kita yaitu belajar dan tetap mendekatkan diri dengan Tuhan.

Jangan karena kenikmatan sesat masa depan kita selamanya jadi hancur. Alangkah ruginya hidup kita karena waktus esaat itu.

Doa : Tuhan, ingatkanlah saya setiap saat agar tidak lupa akan tugas dan tanggung jawab saya. Amin.

23 Juli 2009                                                            Mazmur 5:7

JANGAN BOHONG

Di satu sekolah SMP sangat di junjung nilai kedisiplinan. Pada hari itu 3 orang murid terlambat datang, biasanya masuk 07.30, murid itu datang jam 08.00. Ketika ditanya mengapa mereka terlambat jawabnya karena ban mobil yang mereka tumpangi bocor. Guru tidak begitu saja menerima alasan mereka dan guru mau menguji kejujuran mereka. Dia menyuruh ketiga murid itu duduk terpisah kemudian guru berkata : “saya hanya ingin mengajukan satu pertanyaan dan saya memberi waktu tiga puluh detik untuk menjawab dan menuliskannya di secarik kertas. Pertanyaannya adalah, “Roda mana yang bocor?” Tentu ketiga murid itu bingung. Jika jawaban mereka tidak sama tentu saja mereka telah berbohong. Janganlah kita pernah berpikir untuk bisa berbohong. Berbohong adalah sifat yang dibenci manusia dan Tuhan. Karena itu janganlah pernah mulai berbohong, kalau anda sudah pernah bohong hentikanlah segera! Jika tidak anda akan menjadi pembohong.

Doa :  Saya tidak ingin menjadi seorang pembohong Tuhan. Tolonglah saya. Amin.

24 Juli 2009                            Yosua 3:10

ALLAH PEDULI

Charney seorang Prancis yang dimasukkan Napoleon ke sel bawah tanah karena suatu perbuatan yang mengjengkelkan. Di dalam kesendiriannya ia menggoreskan dinding sel dengan batu dengan tulisan: “Tidak seorangpun peduli”. Suatu hari, satu batang tunas kecil tumbuh melewati celah kecil dilantai selnya. Setiap hari Charney menyisihkan air yang diberikan kepada untuk menyiram tanaman tersebut. Tumbuhan itu tumbuh dan kemudian menghasilkan bunga yang indah. Suatu hari keluarga disebelah sel tahanan Charney menjenguknya. Mereka terkesan oleh kasih sayang Charney pada bunga tersebut. Mereka kemudian mengadu kepada permaisuri dan berkata : “Mana mungkin orang begitu penyayang bunga adalah seorang jahat”. Kemudian permaisuri membujuk kaisar untuk melepaskan Charney. Charney membawa bunga itu pulang, karena bunga itu telah mengajarnya untuk mengimani bahwa Allah peduli. Sebagai remaja yang beriman kita kita merasakan bahwa Allah tetap peduli kepada kita disetiap saat hidup kita. Sekalipun di masa yang paling sulit bagi kita, Tuhan tetap ada bersama kita.

Doa : Terima kasih Tuhan, atas perhatian dan kasih sayang Tuhan bagiku setiap saat, amin.

25 Juli 2009                                                            Amos 17:22

SEMANGAT……..!

Disuatu tahun baru, seorang miliuner yang bangga karena tidak pernah memberi tip bagi setiap pelayanan menghadapi suatu tragedi yang tidak terlupakan. Kepala akuntannya meninggal akibat bunuh diri. Laporan pembukuan yang diperiksa tidak menunjukkan keanehan. Laporan-laporan itu bahkan teratur secara rapi dan sempurna. Akuntan itu ternyata seorang yang sangat jujur dan pendiam. Satu-satunya surat yang ditinggalkan sang akuntan itu adalah surat pendek yang ditujukan kepada milyuner itu. Isi suratnya adalah “Selama 30 tahun bekerja, saya tidak pernah mendapat dorongan semangat satu katapun, saya bosan!.

Dari cerita di atas dapat kita lihat bahwa tidak adanya semangat membuat orang lebih menginginkan kematian. Dapat disebutkan bahwa bagi hidup ini nyaman menjalaninya jikalau ada semangat hidup. Karena itu, remaja kristen seharusnya tetap bersemangat dalam menjalani hidup ini. semangat…….!

Doa : Tuhan, biarlah rohMu tetap diam dalam hati kami untuk memberi semangat hidup bagi kami. Amin.

26 Juli 2009                                                            Kol.3:13

SABAR

Beberapa tahun lalu, seorang pembunuh akan dihukum mati. Saudara laki-laki pembunuh itu (yang pernah berjasa besar bagi negara)  memohon kepada gubernur untuk mengampuni saudaranya. Permohonannya dikabulkan dan orang itu mengunjungi saudaranya dipenjara dengan surat pengampunan disakunya. Dia bertanya kepada saudaranya: “Apa yang akan kamu lakukan jika kamu menerima pengampunan? Hal pertama yang akan saya lakukan adalah melacak hakim yang menghukum saya dan membunuhnya. Kemudian saya akan melacak saksi yang memberatkan saya dan membunuhnya juga.

Saudaranya yang mengusahakan surat itu berdiri dan meninggalkan penjara dengan surat pengampunan disakunya. Inilah akibat ketidak sabaran, ia tidak menerima pengampunan karena ia tidak sabar. Emosi tidak akan pernah menghasilkan hal yang positif karena itu sabarlah tetap, kesabaran akan membuahkan hasil yang baik.

Seperti apa yang sering diucapkan orang bijak : “Orang sabar dikasihani Tuhan”. Karena itu, kita sebagai reaja kristen tetaplah bersabar.

Doa : Ya….Tuhan berilah kepintaran agar saya mampu bersabar dalam segala hal. Amin.

27 Juli 2009                                         Yohanes 15:18-19

JA ……..IM.

Pada suatu hari seorang yang bertubuh normal berjalan-jalan pada suatu tempat. Sesampainya disana dia terbengong melihat penduduk ditempat itu. Disana pada umumnya penduduk punya mata satu, hidung satu, dan telinga dua. Setelah berkeliling di perkampungan itu, orang itu merasakan ada sesuatu yang salah pada dirinya. Ia jadi ragu, kenapa ia bermata dua. Sampai pada suatu hari ia berkesimpulan bahwa ia tidak normal, akhirnya ia mengoperasi matanya supaya menjadi satu.

Orang tersebut telah terkontaminasi dengan lingkungan disekitarnya, sehingga tidak mampu lagi melihat yang benar. Sebagai remaja yang beriman kita harus jaga image kita. Kita adalah image (gambar) Allah karena itu kita harus menjaganya agar tidak terpengaruh kepada hal-hal yang jahat sehingga membuat kita menjadi orang yang jahat.  Pada hakekatnya kita adalah orang baik, tapi banyak sekali dunia ini mempengaruhi kita, hati-hatilah, jaga image! Jangan sampai Allah dipermalukan karena diri kita.

Doa : Ya, Tuhan saya ingin menjaga diri dan godaan dunia ini, tolong dan mampukanlah saya. Amin.

28 Juli 2009                                                            Lukas 21:34

JA……….DI…..

Pada suatu hari saya berjalan-jalan disebuah taman bunga, saya memperhatikan keberadaan bunga-bunga yang ada ditaman itu. Ketika saya perhatikan bunga ditepi jalan-jalan di taman, banyak orang dengan tidak sengaja memetik dan mencabik-cabik daun dan bunga-bunganya, sehingga tumbuhnya tidak secantik bunga ditengah taman. Terlalu  banyak orang yang bebas melukainya. Demikian juga remaja kristen. Jagalah diri dari segala godaan dan tantangan yang menyebabkan anda tidak berharga lagi. Misalnya : remaja harus jaga diri dari Miras, Narkoba, rokok, judi, pergaulan bebas, dan lain-lain. Jika kita menjaga diri kita, kita pasti berharga. Seperti kata pepatah “anda sopan kamipun segan”. Tetapi jika kita tidak menjaga diri, tentu orang lainpun kurang menghargai kita, atau bahkan tidak memperhitungkan kita. Karena itu jagalah diri baik-baik. Janganlah menjadi orang yang “murahan”, artinya apapun godaannya murah terpengaruh. Karena itus emua menajdikan anda tidak berharga.

Doa : Aku ingin menjaga tubuhku yang telah engkau ciptakan demikian sempurna ya Tuhan. Amin.

29 Juli 2009                                                            2 Petrus 3:3

INGAT AKHIR ZAMAN

Thomas Paine adalah seorang imigran yang datang ke Amerika tahun 1787. Ia pada mulanya adalah seorang yang tidak dikenal tapi setelah ia menulis pamflet tentang kebebasan, ia menjadi seorang yang terkenal. Tapi ia membuat kesalahan yang fatal dengan menulis buku mengejek kristen dengan judul The age of Reason. Dia meramalkan bahwa bukunya ini akan menghancurkan Alkitab. Dalam tempo 100 tahun, Alkitab hanya akan ditemukan di museum atau disudut-sudut yang apek atau ditoko-toko buku kelas dua. Namun sebaliknya, setelah bukunya terbit tahun 1794, dia menjadi sengsara dan kesepian. Sampai akhirnya ia berkata : “saya akan memberikan segala sesuatu yang saya miliki, jika saja the age of Reason tidak pernah ditulis pada tahun 1809, Paine menjadi orang cacat yang harus terus menerus berbaring ditempat tidur sampai maut menjemputnya tanpa kawan dan kesepian. Sebaliknya, Alkitab justru semakin terkenal dan menjadi buku terlaris di dunia. Remaja boleh saja berfikir, bertindak, berbicara sesuka hatinya, tapi ada yang tidak boleh dilupakan yaitu akhir zaman. Jangan sampai karena tindakan kita yang tidak disukai orang dan Tuhan menjadikan kita sengsara sampai tua bahkan setelah mati di dunia.

Doa : Ya…..Tuhan biarlah disetiap langkah hidup kami, kami tetap mengingat Engkau. Amin.

30 Juli 2009                                                            I Kor. 9:19

MY NAME IS CHRSTIAN

Christian adalah seorang pebulu tangkis yang sangat handal. Ia sudah biasa bertanding dibeberapa negara. Pada suatu hari ia melakukan pertandingan dinegaranya. Diawali dari set pertama  sampai set ketiga (babak penentuan). Pada babak penentuan ini skor sudah mencapai last one. Last one, artinya siapa yang bisa mematikan bola akan menjadi pemenang. Semua sporter tidak tenang dan bersorak-sorak akhirnya christian menyemes bola dengan kencang sehingga lawannya tidak dapat mengembalikan. Wasit meniup pluit menyatakan Christian menjadi pemenang, semua sporter Christian juga berteriak kegirangan. Tapi tidak lama kemudian  Christian menggapai pluit wasit dan akhirnya menghembus kuat, semua orang terdiam. Chrsitian berbicara : “Yang menang adalah lawan saya, bola yang saya semes terlalu kuat sehingga mengoyakkan net ini”, sambil menunjukkan bagian net yang koyak. Sporter Christian kecewa bahkan sampai ada yang memaki, bodoh, dan lain-lain. Tapi Chrsitian menjawab : My name is Christian artinya dia mau melakukan apa saja sekalipun merugikan dirinya jika itu benar dan sesuai kehendak Tuhan. Lawan Christian bukannya tertawa tapi menangis sambil tersungkur di depan Christian sambil berkata : “belum pernah ada orang seperti kamu”. Sebagai remaja kita juga harus memperlihatkan ciri khas orang kristen supaya orang tertarik dan mengagumi kekristenan kita.

Doa : Mampukanlah saya untuk memperlihatkan ciri hidup kekristenan saya ya Tuhan. Amin.

31 Juli 2009                                            Lukas 14:34

GARAM DUNIA

Pada sebuah PA orang muda, ada sebuah diskusi tentang “kamu adalah garam dunia”. Setiap orang memberikan pendapat tentang arti garam dalam ayat ini.

Garam adalah penyedap makanan

Garam adalah mengawetkan makanan dari pembusuk

Garam adalah penangkal racun

Kemudian salah seorang peserta mengucapkan sesuatu yang tak terpikirkan oleh orang lain, “garam menimbulkan rasa haus”, ujarnya.

Akhirnya semua peserta PA terdiam. Setiap orang berfikir : sudahkah saya membuat setiap orang haus akan Tuhan Yesus kristus?

Inilah fungsi kita sebagai garam dunia, kita seharusnya menjadikan orang lain menjadi haus akan kebenaran firman Tuhan setiap hari. Sebagai remaja kristen sebaiknya mau dan mampu melakukan hal ini agar kekristenan semakin maju dan berkembang. Remaja harus ber PI kesekitarnya. Jangan sebaliknya, remaja yang membuat nama Allah tercemar dan memalukan orang kristen lainnya

Doa : Jadikanlah aku alatMu untuk mewartakan tentang kebenaran FirmanMu ya Tuhan. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: