silabus paud

Silabus Paud :

Nama Sekolah :

Mata Pelajaran/Materi :

Kelas umur :

Semester :

Standar kompetensi : Mengkomunikasikan kemampuan berbahasa melalui perbendaharaan kata dan pengucapan kalimat.

Kompetensi dasar

Materi pokok/uraian materi

Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Jenis tagihan bentuk contoh

Alokasi waktu

Sumber/bahan alat

Memahami cara berbahasa melalui pengucapan kelimat

kalimat tanya

kalimat berita

cara bertanya dan cara menjawab pertanyaan

Menunjukkan benda-benda disekitar tepat bermain sambil menyebutkan nama benda tersebut (Anak dibawa berkeliling)

Membuat cntoh-contoh kalimat tanya (cara bertanya) misal:

· Siapa nama temanmu?

· Apa pekerjaan ibumu?

Membuat contoh-contoh kalimat berita. Misal :

· Ibuku seorang guru

· Namaku : Ani

Membuat contoh-contoh cara menjawab pertanyaan. Misal :

· Nama-nama temanku adalah : Rina, Rudi, Lisa.

· Bapak saya adalah seorang dokter

Memperagakan anak berpasangan untuk bertanya dan menjawab. Misal :

Budi : Rudi kemana kamu pergi besok?

Rudi : Aku pergi ke kolam renang.

menyebutkan nama benda-benda yang ditunjukkan

membuat pertanyaan kepada temannya (pasangannya)

menjawab pertanyaan yang diberikan temannya

berdialog secara berpasangan untuk bertanya dan menjawab secara bergantian.

Silabus Paud :

Nama Sekolah :

Mata Pelajaran/Materi :

Kelas umur :

Semester :

Standar kompetensi : Mendeskripsikan pentingnya pemeliharaan alam dan hubungannya dengan kesehatan.

Kompetensi dasar

Materi pokok/uraian materi

Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Jenis tagihan bentuk contoh

Alokasi waktu

Sumber/bahan alat

Mengungkapkan pentingnya pemeliharaan alam dan hubungannya dengan kesehatan

Lingkungan bersih dan lingkungan kotor

Mengamati gambar-gambar lingkungan yang bersih seperti danau yang bersih, jalan yang bersih, sungai yang bersih atau rumah beserta halaman yang bersih.

Berdialog kepada anak tentang perasaannya mengamati lingkungan yang bersih

Mengamati lingkungan yang kotor seperti parit yang penuh sampah dan kotor, danau yang kototr atau rumah yang kotor.

Dialogkan kepada anak tentang perasaannya terhadap lingkungan yang kotor.

Menyebutkan ciri-ciri lingkungan yang kotor dan yang bersih.

Mengungkapkan perasaannya melihat lingkungan yang bersih dan yang kotor.

Menyebutkan alasan perlunya menjaga kebersihan lingkungan.

Menjadwalkan kebersihan lingkungan

Membagi tugas kebersihan di dalam ruangan dan diluar ruangan

Melakukan tugas kebersihan

Silabus Paud :

Nama Sekolah :

Mata Pelajaran/Materi :

Kelas umur :

Semester :

Standar kompetensi : Mengekspresikan gambar dan keindahan menggambar.

Kompetensi dasar

Materi pokok/uraian materi

Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Jenis tagihan bentuk contoh

Alokasi waktu

Sumber/bahan alat

Menggambarkan objek wisata sederhana

Objek gambar

cara menggambar

alat-alat mengambar

Tunjukkan beberapa gambar yang sederhana seperti setangkai bunga, balon terbang, bendera, gunung dan lainnya (boleh ditambahi)

Bimbing anak membuat gambar dari salah satu objek yang ditunjukkan

Mengulangi dan menyelesaikan gambar objek yang dibuat.

menyebutkan alat-alat yang digunakan untuk menggambar

meniru gambar objek sederhana

membuat gambar objek sederhana

Melakukan pewarnaan objek gambar

jenis-jenis warna

alat-alat mewarnai

Tunjukkan cat pinsil warna dan sebutkan warna-warnanya di selingi menunjukkan warnanya. Misalnya : ambil cat pinsil biru dan ucapkan ‘ini warna biru’

Melakukan pewarnaan terhadap objek gambar yang sudah dibuatnya.

Menyebutkan jenis-jenis warna

Menyesuaikan warna objek gambar dengan warna contoh

Mewarnai gambar objek yang dibuatnya.

Silabus Paud :

Nama Sekolah :

Mata Pelajaran/Materi :

Kelas umur :

Semester :

Standar kompetensi : Mendiskripsikan pentingnya hidup sehat dan cara-cara menjaga kesehatan.

Kompetensi dasar

Materi pokok/uraian materi

Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Jenis tagihan bentuk contoh

Alokasi waktu

Sumber/bahan alat

Menjelaskan pentingnya hidup sehat dan upaya menjaga kesehatan

Hidup sehat

Cara-cara menjaga kesehatan

Tunjukkan gambar orang sehat

Jelaskan cara-cara seseorang bisa sehat (makanan bergizi, menjaga kebersihan diri/lingkungan, cukup istirahat dan olah raga)

Peragaan gerakan senam sederhana yang diikuti anak

Melakukan senam sederhana bersama anak

Menyebutkan ciri-ciri orang sehat

Menirukan contoh-contoh gerakan senam sederhana

Mempraktekkan senam sederhana

Melaksanakan senam bersama

Senam berirama

Peragakan kepada anak gerakan senam berirama dan anak mengikuti secara perlahan

Hidupkan kaset senam dan lakukan senam bersama anak-anak.

Menirukan gerakan senam berirama

Melakukan senam berirama sambil bernyanyi.

Silabus Paud :

Nama Sekolah :

Mata Pelajaran/Materi :

Kelas umur :

Semester :

Standar kompetensi : Mengidentifikasi jenis-jenis alat musik dan kegunaannya

Kompetensi dasar

Materi pokok/uraian materi

Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Jenis tagihan bentuk contoh

Alokasi waktu

Sumber/bahan alat

Mendeskripsikan jenis-jenis alat musik

alat musik dan jenis jenisnya.

Tunjukkan beberapa alat musik yang sudah dipersiapkan seperti gitar, harmonika, recorder, band dan lainnya.

Jelaskan kepada anak tentang bahan-bahan alat musik dan cara menggunakannya

Menyebutkan nama alat-alat musik yang ditunjukkan

Menyebutkan cara penggunaan alat musik yang ditunjukkan

Menirukan suara alat musik yang dibunyikan.

Melaksanakan pembuatan alat-alat musik sederhana (kreatif) dan cara penggunaannya

alat musik kreatif (ritmic kontemporer)

cara membuat alat musik sederhana

Jelaskan bahan-bahan yang dipergunakan sebagai alat musik sederhana.

Mengumpulkan bahan-bahan musik kreatif

Menggunakan musik kreatif diiringi dengan lagu

Membuat alat musik kreatif (sederhana)

Mempraktekkan nyanyian “satu-satu aku sayang ibu” dengan menggunakan musik kreatif.

Silabus Paud :

Nama Sekolah :

Mata Pelajaran/Materi :

Kelas umur :

Semester :

Standar kompetensi : Mengungkapkan keperluan diri sendiri yang berhubungan denan perasaan nyaman.

Kompetensi dasar

Materi pokok/uraian materi

Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Jenis tagihan bentuk contoh

Alokasi waktu

Sumber/bahan alat

Mendaftarkan keperluan diri sendiri dan hubungannya dengan perasaan nyaman/senang

Kebutuhan utama

Kebutuhan tambahan

Tunjukkan gambar bayi menangis, dan jelaskan alasan bayi menangis (bayi menangis karena haus, lapar utau sudah pipis).

Tunjukkan gambar makanan 4 sehat 5 sempurna dan jelaskan hubungannya dengan kebutuhan/ keperluan.

Tunjukkan gambar contoh-contoh pakaian (gaun, celana, sepatu) dan gambar perumahan. Jelaskan hubungan pakaian dan perumahan dengan kebutuhan.

Suruh anak melengkapi gambar rumah dengan orang yang memerlukan makanan dan pakaian (menyusun puzlle/gambar)

Menyebutkan contoh barang-barang yang diperlukannya.

Menyebutkan cara meminta barang yang diperlukannya

Mengungkapkan perasaannya jika mendapat barang yang dimintanya.

Silabus Paud :

Nama Sekolah :

Mata Pelajaran/Materi :

Kelas umur :

Semester :

Standar kompetensi : Menyadari pentingnya membantu orang lain

Kompetensi dasar

Materi pokok/uraian materi

Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Jenis tagihan bentuk contoh

Alokasi waktu

Sumber/bahan alat

Mengungkapkan pentingnya membantu orang lain dalam membina kebersamaan

Kerukunan antar sesama

bhinneka Tunggal ika

Suruhlah seorang anak untuk memindahkan meja yang besar (Karna seorang anak tidak sanggup mengangkatnya maka suruh di bantu beberapa temannya)

Jelaskan kepada anak bahwa beban berat yang dihadapi 1 orang akan menjadi lebih ringan bila dihadapi bersama.

Bimbing anak untuk lebih peduli terhadap teman-temannya musibah.

Jelaskan kepada anak perlunya kita memberi pertolongan kepada orang lain

Menyebutkan contoh-contoh pekerjaan yang bisa dilakukan anak seorang diri

Mengungkapkan alasan perlunya memberi bantuan/pertolongan bagi orang lain.

Memperagakan sikap hidup saling membantu melalui kegiatan permainan

Menyanyikan lagu tentang perlunya membantu orang lain

3 Comments »

  1. 1
    sri Says:

    assalamualaikum…

    terimakasih saya ucapkan karena dengan adanya rubrik ini bisa membantu saya untuk menyampaikan materi pada anak-anak.Karena saya belum tahu banyak tentang materi PAUD.terima kasih.

  2. 2

    terima kasih, ada yang lebih detail lagi? Di lingkungan kami baru mulai berjalan masih perlu materi2

    • 3
      Heplin hartati Says:

      Terima kasih atas inpormasi yang telah di berikan kepada kami .
      Akan tetapi kami masih sangat mengharapkan bantuan yang lain tentang perkembangan pembelajaran PAUD .
      Sekian terima kasih


RSS Feed for this entry

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: