silabus paud

Silabus Paud :

Nama Sekolah :

Mata Pelajaran/Materi :

Kelas umur :

Semester :

Standar kompetensi : Mengkomunikasikan kemampuan berbahasa melalui perbendaharaan kata dan pengucapan kalimat.

Kompetensi dasar

Materi pokok/uraian materi

Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Jenis tagihan bentuk contoh

Alokasi waktu

Sumber/bahan alat

Memahami cara berbahasa melalui pengucapan kelimat

- kalimat tanya

- kalimat berita

- cara bertanya dan cara menjawab pertanyaan

- Menunjukkan benda-benda disekitar tepat bermain sambil menyebutkan nama benda tersebut (Anak dibawa berkeliling)

- Membuat cntoh-contoh kalimat tanya (cara bertanya) misal:

· Siapa nama temanmu?

· Apa pekerjaan ibumu?

- Membuat contoh-contoh kalimat berita. Misal :

· Ibuku seorang guru

· Namaku : Ani

- Membuat contoh-contoh cara menjawab pertanyaan. Misal :

· Nama-nama temanku adalah : Rina, Rudi, Lisa.

· Bapak saya adalah seorang dokter

- Memperagakan anak berpasangan untuk bertanya dan menjawab. Misal :

Budi : Rudi kemana kamu pergi besok?

Rudi : Aku pergi ke kolam renang.

- menyebutkan nama benda-benda yang ditunjukkan

- membuat pertanyaan kepada temannya (pasangannya)

- menjawab pertanyaan yang diberikan temannya

- berdialog secara berpasangan untuk bertanya dan menjawab secara bergantian.

Silabus Paud :

Nama Sekolah :

Mata Pelajaran/Materi :

Kelas umur :

Semester :

Standar kompetensi : Mendeskripsikan pentingnya pemeliharaan alam dan hubungannya dengan kesehatan.

Kompetensi dasar

Materi pokok/uraian materi

Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Jenis tagihan bentuk contoh

Alokasi waktu

Sumber/bahan alat

Mengungkapkan pentingnya pemeliharaan alam dan hubungannya dengan kesehatan

- Lingkungan bersih dan lingkungan kotor

- Mengamati gambar-gambar lingkungan yang bersih seperti danau yang bersih, jalan yang bersih, sungai yang bersih atau rumah beserta halaman yang bersih.

- Berdialog kepada anak tentang perasaannya mengamati lingkungan yang bersih

- Mengamati lingkungan yang kotor seperti parit yang penuh sampah dan kotor, danau yang kototr atau rumah yang kotor.

- Dialogkan kepada anak tentang perasaannya terhadap lingkungan yang kotor.

- Menyebutkan ciri-ciri lingkungan yang kotor dan yang bersih.

- Mengungkapkan perasaannya melihat lingkungan yang bersih dan yang kotor.

- Menyebutkan alasan perlunya menjaga kebersihan lingkungan.

Menjadwalkan kebersihan lingkungan

- Membagi tugas kebersihan di dalam ruangan dan diluar ruangan

- Melakukan tugas kebersihan

Silabus Paud :

Nama Sekolah :

Mata Pelajaran/Materi :

Kelas umur :

Semester :

Standar kompetensi : Mengekspresikan gambar dan keindahan menggambar.

Kompetensi dasar

Materi pokok/uraian materi

Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Jenis tagihan bentuk contoh

Alokasi waktu

Sumber/bahan alat

Menggambarkan objek wisata sederhana

- Objek gambar

- cara menggambar

- alat-alat mengambar

- Tunjukkan beberapa gambar yang sederhana seperti setangkai bunga, balon terbang, bendera, gunung dan lainnya (boleh ditambahi)

- Bimbing anak membuat gambar dari salah satu objek yang ditunjukkan

- Mengulangi dan menyelesaikan gambar objek yang dibuat.

- menyebutkan alat-alat yang digunakan untuk menggambar

- meniru gambar objek sederhana

- membuat gambar objek sederhana

Melakukan pewarnaan objek gambar

- jenis-jenis warna

- alat-alat mewarnai

- Tunjukkan cat pinsil warna dan sebutkan warna-warnanya di selingi menunjukkan warnanya. Misalnya : ambil cat pinsil biru dan ucapkan ‘ini warna biru’

- Melakukan pewarnaan terhadap objek gambar yang sudah dibuatnya.

- Menyebutkan jenis-jenis warna

- Menyesuaikan warna objek gambar dengan warna contoh

- Mewarnai gambar objek yang dibuatnya.

Silabus Paud :

Nama Sekolah :

Mata Pelajaran/Materi :

Kelas umur :

Semester :

Standar kompetensi : Mendiskripsikan pentingnya hidup sehat dan cara-cara menjaga kesehatan.

Kompetensi dasar

Materi pokok/uraian materi

Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Jenis tagihan bentuk contoh

Alokasi waktu

Sumber/bahan alat

Menjelaskan pentingnya hidup sehat dan upaya menjaga kesehatan

- Hidup sehat

- Cara-cara menjaga kesehatan

- Tunjukkan gambar orang sehat

- Jelaskan cara-cara seseorang bisa sehat (makanan bergizi, menjaga kebersihan diri/lingkungan, cukup istirahat dan olah raga)

- Peragaan gerakan senam sederhana yang diikuti anak

- Melakukan senam sederhana bersama anak

- Menyebutkan ciri-ciri orang sehat

- Menirukan contoh-contoh gerakan senam sederhana

- Mempraktekkan senam sederhana

Melaksanakan senam bersama

- Senam berirama

- Peragakan kepada anak gerakan senam berirama dan anak mengikuti secara perlahan

- Hidupkan kaset senam dan lakukan senam bersama anak-anak.

- Menirukan gerakan senam berirama

- Melakukan senam berirama sambil bernyanyi.

Silabus Paud :

Nama Sekolah :

Mata Pelajaran/Materi :

Kelas umur :

Semester :

Standar kompetensi : Mengidentifikasi jenis-jenis alat musik dan kegunaannya

Kompetensi dasar

Materi pokok/uraian materi

Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Jenis tagihan bentuk contoh

Alokasi waktu

Sumber/bahan alat

Mendeskripsikan jenis-jenis alat musik

alat musik dan jenis jenisnya.

- Tunjukkan beberapa alat musik yang sudah dipersiapkan seperti gitar, harmonika, recorder, band dan lainnya.

- Jelaskan kepada anak tentang bahan-bahan alat musik dan cara menggunakannya

- Menyebutkan nama alat-alat musik yang ditunjukkan

- Menyebutkan cara penggunaan alat musik yang ditunjukkan

- Menirukan suara alat musik yang dibunyikan.

Melaksanakan pembuatan alat-alat musik sederhana (kreatif) dan cara penggunaannya

- alat musik kreatif (ritmic kontemporer)

- cara membuat alat musik sederhana

- Jelaskan bahan-bahan yang dipergunakan sebagai alat musik sederhana.

- Mengumpulkan bahan-bahan musik kreatif

- Menggunakan musik kreatif diiringi dengan lagu

- Membuat alat musik kreatif (sederhana)

- Mempraktekkan nyanyian “satu-satu aku sayang ibu” dengan menggunakan musik kreatif.

Silabus Paud :

Nama Sekolah :

Mata Pelajaran/Materi :

Kelas umur :

Semester :

Standar kompetensi : Mengungkapkan keperluan diri sendiri yang berhubungan denan perasaan nyaman.

Kompetensi dasar

Materi pokok/uraian materi

Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Jenis tagihan bentuk contoh

Alokasi waktu

Sumber/bahan alat

Mendaftarkan keperluan diri sendiri dan hubungannya dengan perasaan nyaman/senang

- Kebutuhan utama

- Kebutuhan tambahan

- Tunjukkan gambar bayi menangis, dan jelaskan alasan bayi menangis (bayi menangis karena haus, lapar utau sudah pipis).

- Tunjukkan gambar makanan 4 sehat 5 sempurna dan jelaskan hubungannya dengan kebutuhan/ keperluan.

- Tunjukkan gambar contoh-contoh pakaian (gaun, celana, sepatu) dan gambar perumahan. Jelaskan hubungan pakaian dan perumahan dengan kebutuhan.

- Suruh anak melengkapi gambar rumah dengan orang yang memerlukan makanan dan pakaian (menyusun puzlle/gambar)

- Menyebutkan contoh barang-barang yang diperlukannya.

- Menyebutkan cara meminta barang yang diperlukannya

- Mengungkapkan perasaannya jika mendapat barang yang dimintanya.

Silabus Paud :

Nama Sekolah :

Mata Pelajaran/Materi :

Kelas umur :

Semester :

Standar kompetensi : Menyadari pentingnya membantu orang lain

Kompetensi dasar

Materi pokok/uraian materi

Pengalaman belajar Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Jenis tagihan bentuk contoh

Alokasi waktu

Sumber/bahan alat

Mengungkapkan pentingnya membantu orang lain dalam membina kebersamaan

- Kerukunan antar sesama

- bhinneka Tunggal ika

- Suruhlah seorang anak untuk memindahkan meja yang besar (Karna seorang anak tidak sanggup mengangkatnya maka suruh di bantu beberapa temannya)

- Jelaskan kepada anak bahwa beban berat yang dihadapi 1 orang akan menjadi lebih ringan bila dihadapi bersama.

- Bimbing anak untuk lebih peduli terhadap teman-temannya musibah.

- Jelaskan kepada anak perlunya kita memberi pertolongan kepada orang lain

- Menyebutkan contoh-contoh pekerjaan yang bisa dilakukan anak seorang diri

- Mengungkapkan alasan perlunya memberi bantuan/pertolongan bagi orang lain.

- Memperagakan sikap hidup saling membantu melalui kegiatan permainan

- Menyanyikan lagu tentang perlunya membantu orang lain

About these ads

3 Comments »

  1. 1
    sri Says:

    assalamualaikum…

    terimakasih saya ucapkan karena dengan adanya rubrik ini bisa membantu saya untuk menyampaikan materi pada anak-anak.Karena saya belum tahu banyak tentang materi PAUD.terima kasih.

  2. 2

    terima kasih, ada yang lebih detail lagi? Di lingkungan kami baru mulai berjalan masih perlu materi2

    • 3
      Heplin hartati Says:

      Terima kasih atas inpormasi yang telah di berikan kepada kami .
      Akan tetapi kami masih sangat mengharapkan bantuan yang lain tentang perkembangan pembelajaran PAUD .
      Sekian terima kasih


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: